Jumat, 12 Agustus 2011

Gandung Paryono

Siang tadi kawan Ahmadi datang kerumah, janjian mau berkunjung ke kediaman Bp. Gandung Paryono Sang Maestro Puring. Dengan berboncengan sepada motor kami berangkat. Tiba dikediaman ternyata sepi...beliau sedang dikebun kata orang rumah. Kamipun menuju ke kebun "Melati Aji" yang letaknya tak jauh dari rumahnya. Beliau sedang menata kebun rupanya, adanya banyak bakalan bonsai yang dibudidaya oleh beliau.

Setelah bersalaman kami ngobrol ngalor ngidul seputar tanaman hias dan puring tentu saja di gubuk yang tampak asri. Selain pecinta puring beliau ternyata juga pecinta bonsai dan tanaman langka (menurut saya). banyak bonsai yang sudah dikoleksi olehnya dan bagus-bagus.

Setelah agak sore kami diajak mampir kerumahnya. Beberapa tanaman sikas besar dan kecil tertata rapi, juga dion dan enche. Saya sempat mengambil gambar taman dirumahnya, sayangnya tidak mengambil gambar puring. Masih sungkan, maklum orang jawa.






Sikas,Dion,Enche, bromelia, dracaceana,bakalan bonsai juga puring serta tanaman lainnya ternyata juga dibudidaya oleh beliau, sungguh seorang pecinta tanaman hias sejati. Bagi yang berminat untuk membeli juga bisa koq datang kerumahnya di Medari Cilik, kecuali puring yang sudah dibudidayakan oleh mitra kerjanya di Muntilan.

Gak kerasa waktu dah pkl 17.00 lebih, kami putuskan untuk pamit dahulu dengan harapan bertemu lagi lain waktu. Senang bisa mendapat wawasan dari beliau dan yang lebih menyenangkan lagi adalah ketika saya diberi tanda mata berupa puring yang orisinil dari biji masih setinggi 60 cm dan belum diberi nama serta Puring Diana, Puring Rembulan serta tanaman  Bromelia. Terima kasih lho Bp. Gandung atas segala kebaikannya. Semoga menjadi barokah bagi kita semua...amin.

4 komentar :

  1. Selamatkan bumi kita dengan menanam pohon...

    BalasHapus
  2. puring diana nya,gmana kabar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puring di akhir 2014 ini cukup baik progresnya. Untuk silangan-silang Bp. Gandung masih diminati oleh para penghobi puring,Termasuk diana

      Hapus